Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Menggunakan Rekaman Visual pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Satu Atap Manuru Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton

Syarif, Ahmad (2015) Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Menggunakan Rekaman Visual pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Satu Atap Manuru Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-syarif-13711251039.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IX SMPN Satu Atap Manuru setelah menjalani pembelajaran dengan menggunakan rekaman visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMPN Satap Manuru di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara semester II tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan tes lompat jauh. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan sebagai berikut: rekaman visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dibuktikan dengan pengetahuan, penguasaan teknik dan hasil lompatan siswa. Pengetahuan tentang lompat juah gaya jongkok terus meningkat dengan nilai rata-rata 62,79 pada awal tindakan menjadi 68,95 pada Siklus 1 dan meningkat menjadi 76,50 pada siklus 2. Pengetahuan lompat jauh ini telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu nilai rata-rata di atas KKM 70. Penguasaan teknik sebelum mendapatkan tindakan berupa rekaman gambar hanya pada skor 2,33. Setelah mendapatkan tindakan pada siklus 1 naik menjadi 2,96. Setelah mendapatkan tindakan pada siklus 2 naik menjadi 3,36. Penguasaan teknik ini telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu mencapai kategori baik (2,8 ≤ 3,4). Hasil lompatan juga meningkat. Rata-rata lompatan yang berhasil dilakukan sebelum tindakan kelas yaitu 203,3 cm, sedangkan hasil lompatan setelah siklus 1 mencapai 232,37 cm. Setelah akhir siklus 2, hasil lompatan meningkat mencapai 244,1 cm. Hasil lompatan telah mencapai kriteria keberhasilan hasil lompatan yaitu mencapai lebih dari 240 cm.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh, rekaman visual, hasil belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26938

Actions (login required)

View Item View Item