PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU REMAJA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK

Dwi Astuti, Rita (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU REMAJA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi menjadi dua siklus. Siklus I dilakukan dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja berjudul “Sahabat Kecil” dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali pertemuan dengan menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja berjudul “Jogja”. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor hasil karya siswa. Hasil penelitian secara proses menunjukkan bahwa adanya peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya keaktifan siswa dilihat dari siswa yang tidak sungkan menjawab pertanyaan dari guru, perhatian yang difokuskan saat guru menerangkan tentang materi menulis cerpen, dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan membuat cerpen menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat diketahui dari proses sebelum diberi tindakan dengan skor rata-rata 62,94, sedangkan skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 70,77. Pada siklus II, skor rata-rata yang dicapai siswa adalah 79,70. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu remaja dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

View Item View Item