Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP

Rochani, Sri (2015) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-rochani-12709259027.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.8 dan VIII.9 yang masing-masing terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang mempunyai kemampuan awal yang setara, yang ditentukan secara acak. Kelas VIII.8 diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII.9 diberi perlakuan dengan pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest hasil belajar kognitif matematika dan kemampuan berpikir kreatif matematika sebelum dan sesudah perlakuan. Untuk menguji keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran penemuan terbimbing pada masing-masing variabel digunakan uji one-sample t-test pada taraf signifikan 5%. Untuk menguji perbedaan keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran penemuan terbimbing digunakan uji MANOVA (multivariate tests) dengan Hotelling’s Trace pada taraf 5% dan uji independent sample t-test untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP, (2) pembelajaran penemuan terbimbing efektif terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP, dan (3) pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kognitif matematika dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar kognitif, dan kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 09 May 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item View Item