TINGKAT PENGETAHUAN SISWA PUTRA KELAS IV DAN V YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI MELES KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN TENTANG PERMAINAN SEPAKTAKRAW

Dadi Wibowo (2015) TINGKAT PENGETAHUAN SISWA PUTRA KELAS IV DAN V YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SD NEGERI MELES KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN TENTANG PERMAINAN SEPAKTAKRAW. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
DADI WIBOWO_11601247082.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari belum diketahuinya tingkat pengetahuan siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen tentang permainan sepaktakraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen tentang permainan sepaktakraw. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang berisi pernyataan yang dijawab siswa dengan dua pilihan yaitu benar atau salah. Subjek pada penelitian ini adalah semua siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuer SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 17 siswa kelas IV dan 16 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa angket yang berisi pernyataan-pernyataan yang dijawab oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen tentang permainan sepaktakraw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen tentang permainan sepaktakraw yang memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori sangat baik sekali 0 siswa (0%), baik 0 siswa (0%), cukup 2 siswa (6,06%), dan kategori kurang sebanyak 31 siswa (93,18%). Nilai tertinggi 60, nilai terendah 20, dan rata-rata 34,18. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan siswa putra kelas IV dan V yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Negeri Meles, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen termasuk dalam kategori kurang (93,18%), dengan nilai tertinggi 60, nilai terendah 20, dan rata-rata 34,18.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan sepaktakraw, ekstrakurikuler, siswa kelas IV dan V SD Negeri Meles
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26920

Actions (login required)

View Item View Item