Peningkatan Keaktifan, Perhatian dan Konsentrasi serta Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Hortatory Exposition dengan Metode SQ3R bagi Siswa Kelas XIA3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2014/2015

Astuti, Indarti puji (2015) Peningkatan Keaktifan, Perhatian dan Konsentrasi serta Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Hortatory Exposition dengan Metode SQ3R bagi Siswa Kelas XIA3 MAN Yogyakarta III Tahun Ajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indarti-puji-astuti-13706259013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa di kelas XIA3 adalah kurangnya keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa serta keterampilan memahami teks yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan keaktifan, perhatian dan konsentrasi serta membaca pemahaman teks hortatory exposition siswa kelas XIA3 MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2014/2015 dengan metode SQ3R. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2015. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XIA3 MAN Yogyakarta III. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode SQ3R sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa memahami teks hortatory exposition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan-tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas merupakan upaya-upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya keterampilan membaca pemahaman teks hortatory exposition dengan menggunakan metode SQ3R. Data dikumpulkan melalui angket, test hasil belajar, observasi, dan wawancara dan dianalisis menggunakan model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode SQ3R berhasil meningkatkan keaktifan, perhatian dan konsentrasi serta keterampilan membaca pemahaman teks hortatory exposition yang ditandai dengan peningkatan proses dan hasil pemahaman siswa terhadap teks hortatory exposition selama proses pembelajaran. Metode SQ3R menimbulkan keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Selain itu, prestasi hasil belajar pemahaman teks meningkat. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa sebagai berikut: 58,13 untuk nilai rata-rata pada pratindakan, 69,31 untuk nilai rata-rata pada siklus I, 74,07 untuk nilai rata-rataa siklus 2 dan 75,79 untuk nilai rata-rata siklus 3. Dengan demikian, dalam setiap siklus keterampilan membaca pemahaman teks hortatory exposition dapat ditingkatkan melalui metode SQ3R.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, hortatory exposition, metode SQ3R
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 09 Nov 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26917

Actions (login required)

View Item View Item