PERANAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA ANAK DI TAMAN BACAAN SATU SEMBILAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA

Endang Condro Retno, Endang (2015) PERANAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA ANAK DI TAMAN BACAAN SATU SEMBILAN PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Endang Condro Retno2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca anak di taman bacaan Satu Sembilan, mengetahui alasan anak memiliki minat membaca di taman bacaan Satu Sembilan dan mengetahui peranan orangtua dalam mengembangkan minat membaca anak di taman bacaan Satu Sembilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola taman bacaan Satu Sembilan, orangtua, dan anak. Setting penelitian mengambil tempat di taman bacaan Satu Sembilan kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki minat membaca di taman bacaan Satu Sembilan. Taman bacaan Satu Sembilan setiap hari selalu dikunjungi anak dengan intensitas kunjungan yang berbeda. Anak yang datang tidak hanya dari RT 19 saja, melainkan juga dari Nitiprayan, Jomegatan, dan Bugisan. Alasan anak memiliki minat membaca di taman bacaan Satu Sembilan karena taman bacaan Satu Sembilan memiliki keunikan tersendiri diantaranya penggunaan kaleng kerupuk sebagai rak buku, peminjaman buku yang gratis, sistem swalayan dan berbagai program kegiatan yang menarik untuk anak seperti pemutaran film, bimbingan belajar bahasa Inggris, study trip, dan theater. Terkait pengembangan minat baca anak di taman bacaan Satu Sembilan peranan orangtua adalah memberikan dukungan terhadap minat baca anak, memberikan pendampingan kepada anak, menjadi contoh bagi anak dan membangun suasana kondusif saat membaca sehingga anak menjadi pribadi yang gemar membaca. Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan taman bacaan masyarakat yang terintegrasi melalui program kegiatan yang lebih variatif dan menyenangkan perlu dikembangkan dalam rangka mengembangkan minat baca masyarakat. Kata kunci: peranan orangtua, minat baca anak, taman bacaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26916

Actions (login required)

View Item View Item