EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN KULON PROGO

Eko Rachmat Suprabowo, Eko (2015) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eko Rachmat Suprabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan komputer di UPTD BLK Kulon Progo dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dipopulerkan oleh Daniel Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Langkah evaluasi menggunakan alat ukur indikator evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) evaluasi context (konteks) program pelatihan komputer dapat dikatakan sudah baik, adanya dasar hukum, tugas dan fungsi lembaga, penyelenggaraan program pelatihan didasarkan kepada kebutuhan masyarakat, adanya tujuan program pelatihan komputer yang jelas dan adanya indikator ketercapaian program yang jelas dan baik; 2) evaluasi input (masukan) program pelatihan komputer, masih perlu perbaikan kualifikasi pendidikan pengelola program, perlu adanya penambahan pegawai dan instruktur yang memiliki kualitas sesuai dengan kapasitas program, sumber belajar dan alat praktek belum memiliki standar pelayanan yang baik dan belum modern, dan perlu adanya perbaikan fasilitas dalam ruangan; 3) evaluasi process (proses) program pelatihan komputer, dapat dikatakan sudah baik. Jadwal kegiatan pembelajaran dan daftar presensi ada, materi perlu adanya modernisasi seperti internet, corel, microsoft acces dan lain sebagainya, metode dan model yang digunakan baik dan tepat, monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran berjalan baik dan memiliki acuan standar penilaian yang baik; 4) evaluasi product (produk) program pelatihan komputer, dapat dikatakan sudah baik. Adanya peningkatan kualitas peserta didik program pelatihan komputer dan prosentase kelulusan peserta didik adalah 100%. Sudah sesuai dengan indikator ketercapaian program pelatihan komputer. Hasil evaluasi program pelatihan komputer adalah bahwa program dapat dilanjutkan dengan beberapa pembenahan dan perbaikan guna menghasilkan pelayanan program pelatihan yang maksimal dan menghasilkan kualitas serta kuantitas lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi dan profesional dibidang komputer. Kata Kunci : Evaluasi Program, Model CIPP, Pelatihan Komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26914

Actions (login required)

View Item View Item