IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA TULIS KORAN IBU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM SEMBADA, BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

Eka Winda Istanti, Eka (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA TULIS KORAN IBU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM SEMBADA, BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eka Winda Istanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi program budaya tulis koran ibu sebagai upaya peningkatan kualitas belajar warga belajar keaksaraan fungsional dan secara khusus mendeskripsikan (1) pelaksanaan program koran ibu yang berlangsung sesuai dengan tahapan yang dilakukan mulai dari persiapan hingga evaluasi, (2) bagaimana hasil pelaksanaan program Koran Ibu terhadap peningkatan kualitas belajar, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Koran Ibu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara program, tutor dan nara sumber teknis, serta warga belajar program koran ibu PKBM Sembada, Bleberan Playen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan budaya tulis koran ibu dilakukan dengan tahapan perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi; 2) program koran ibu yang diberikan dapat meningkatkan kualitas belajar warga belajar terlihat dari tingkat kehadiran yang mencapai 100 % dan diperolehnya berbagai keterampilan baru sesuai dengan minat warga belajar walaupun dalam pelaksanaannya masih memiliki kelemahan dalam hasil yang diperoleh terkait dengan peningkatan kualitas belajar warga, yaitu warga belajar masih menganggap belajar merupakan sebuah kebutuhan yang dilakukan saat terjadi proses pembelajaran atau pemenuhan kebutuhan tugas semata; 3) Faktor pendukung pelaksanaan program koran ibu yaitu: a) respon positif dari warga belajar, b) adanya dukungan dan kerjasama dari berbagai instansi, c) fasilitas dan prasarana yang memadai ; 4) Faktor penghambat pelaksanaan program Koran Ibu yaitu: a) karakteristik / fokus warga yang berbeda dalam menerima pembelajaran, b) usia dan kesehatan orang dewasa yang renta , c) waktu belajar yang sewaktu- waktu berubah sesuai dengan waktu yang disepakati warga belajar. Kata Kunci : program koran ibu, kualitas belajar, budaya tulis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item View Item