PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL GITAR DI SMP NEGERI 2 PATUK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hartono, Setiyo (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL GITAR DI SMP NEGERI 2 PATUK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Setiyo Hartono 09208244061.pdf

Download (162MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok yang menggunakan metode demonstrasi dan drill dan kelompok yang tanpa menggunakan metode demonstrasi dan drill dalam proses pembelajaran ansambel gitar pada siswa SMP Negeri 2 Patuk Tahun 2012/2013. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan metode demonstrasi dan drill dalam proses pembelajaran ansambel gitar. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran ansambel gitar dengan menggunakan metode demonstrasi dan drill dan pembelajaran ansambel gitar tanpa menggunakan metode demonstrasi dan drill, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar ansambel gitar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk Tahun Ajaran 2012/2013 yang mengikuti pembelajaran ansambel gitar pada kegiatan ekstrakurikuler musik dengan jumlah 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes bentuk unjuk kerja siswa yaitu praktik membawakan lagu Pop dalam bentuk ansambel gitar. Validitas instrumen menggunakan validitas isi (Content Validity) yaitu dengan mengkonsultasikan intrumen kepada para ahli (Expert Judgement), sedangkan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik stabilitas atau tes-ulang (test-retest). Hasil perhitungan menggunakan teknik stabilitas didapatkan nilai r sebesar 0,912 > nilai r dalam tabel nilai-nilai kritis koefisien korelasi (r) product moment. Dengan demikian koefisien korelasi (r) yang diperoleh sudah reliabel. Selanjutnya teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 2,237 dengan df 21 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,036. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,036 < 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan metode demonstrasi dan drill dan kelompok yang tanpa menggunakan metode demonstrasi dan drill dalam proses pembelajaran ansambel gitar pada siswa SMP Negeri 2 Patuk Tahun 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, drill, pembelajaran, dan hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26909

Actions (login required)

View Item View Item