PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SEYEGAN PUNDONG BANTUL

Irawati, Rita (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SEYEGAN PUNDONG BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_RIta Irawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model experiential learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Seyegan Pundong Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-experimental design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Seyegan Pundong Bantul yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, lembar observasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model experiential learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Seyegan Pundong Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya. Berdasarkan perhitungan uji t berpasangan (paired sample test) dengan SPSS, maka didapatkan hasil nilai signifikansi kurang dari 0,05, yaitu 0.000 (p= 0,000<0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan/peningkatan secara signifikan pada pretest dan post test. Berdasarkan hasil di atas dengan Ho ditolak, maka hipotesis penelitian dinyatakan diterima hal ini berarti model experiential learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Seyegan Pundong Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item