PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN TATA RIAS SEBAGAI UPAYA MEMBERDAYAKAN REMAJA DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Dyan Purnamasari, Dian (2015) PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN TATA RIAS SEBAGAI UPAYA MEMBERDAYAKAN REMAJA DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA, TRIDADI, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Dyan Purnamasari_NIM 08102244028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan program keterampilan tata rias di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta; 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program keterampilan tata rias; 3) dampak program keterampilan tata rias dalam memberdayakan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola Panti Sosial Bina Remaja, tutor program ketrampilan tata rias, dan peserta pelatihan keterampilan tata rias. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang di bantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan program keterampilan tata rias dilakukan untuk membantu remaja yang mengalami kesejahteraan sosial agar lebih berdaya, oleh karena itu program keterampilan ini dilakukan dengan tahapan persiapan, proses pelaksanaan yang dilakukan dengan pemberian materi teori, peragaan alat-alat tata rias, pendampingan dan praktek serta evaluasi; 2) faktor pendukung keterampilan tata rias yaitu tanggapan yang positif dari masyarakat khususnya remaja putus sekolah yang menjadi anak binaan PSBR, kemauan yang tinggi dari peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan, sumber daya manusia yang terlatih dan memadai, adanya kerjasama dengan pihak lain, edukasi dan informasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan anak yang berbeda-beda dalam menerima pelatihan, latar belakang kehidupan anak yang berbeda-beda sebelum masuk panti, fasilitas yang tersedia masih relatif kurang, dan personil pengelola yang semakin berkurang; 3) dampak program keterampilan tata rias yaitu bagi peserta pelatihan dapat menambah keterampilan sehingga bisa membuka peluang usaha dan lebih mandiri, rasa kepuasan dari pengelola dan instruktur melihat peserta didiknya berhasil di masyarakat. Kata kunci: Keterampilan Tata Rias, Pemberdayaan, Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26897

Actions (login required)

View Item View Item