PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF JEPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA SMA NEGERI 4 MAGELANG

Setiyo Nugroho, Dedy (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF JEPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA SMA NEGERI 4 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DEDY SETIYO NUGROHO_10105241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Kartu Huruf Jepang yang layak digunakan siswa SMA Negeri 4 Magelang, sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Jepang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) hasil produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna kemudian data hasil angket kelayakan media dianalisis dengan konversi skala likert. Penilaian yang didapatkan, meliputi penilaian dari ahli materi pelajaran Bahasa Jepang dengan kriteria sangat baik (4,72), penilaian dari ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat baik (4,21), uji coba lapangan awal memperoleh penilaian sangat baik (4,55), uji coba lapangan utama memperoleh penilaian sangat baik (4,68) dan uji coba lapangan operasional memperoleh penilaian sangat baik (4,325). Dilihat dari semua indikator penilaian kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan, Media Kartu Huruf Jepang dikatakan “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang dan memperoleh hasil akhir indikator penilaian yaitu “Sangat Baik” (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item