PENGEMBANGAN KUIS EDUKASI “AKU CINTA INDONESIA” BERBASIS ADOBE FLASH CS3 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI PEMBELAJAR BIPA LEVEL LANJUT DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Astuti, Widi (2015) PENGEMBANGAN KUIS EDUKASI “AKU CINTA INDONESIA” BERBASIS ADOBE FLASH CS3 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI PEMBELAJAR BIPA LEVEL LANJUT DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
WIDI ASTUTI_11201241021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis edukasi “Aku Cinta Indonesia” berbasis Adobe Flash CS3 sebagai media pembelajaran membaca pemahaman bagi pembelajar BIPA level lanjut di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada prosedur Borg dan Gall yang kemudian disederhanakan sehingga terdiri atas 6 tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) pembuatan produk, (4) validasi atau uji ahli, (5) revisi, dan (6) uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah dua ahli materi, dua ahli media, dan pembelajar BIPA level lanjut, yaitu mahasiswa Guangdong University of Foreign Studies (GDUFS), Tiongkok. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan validasi menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert dengan rentang skor 1 sampai 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kuis edukasi “Aku Cinta Indonesia” dinyatakan layak berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan pengguna. Ahli materi memberikan penilaian sebagai berikut. Aspek kualitas materi memperoleh rata-rata skor 4,64 dengan tingkat kelayakan 92,80% dan berkategori “Sangat Baik”. Aspek isi memperoleh rata-rata skor 4,68 dengan tingkat kelayakan 93,60% dan berkategori “Sangat Baik”. Ahli media memberikan penilaian sebagai berikut. Aspek tampilan memperoleh rata-rata skor 4,53 dengan tingkat kelayakan 90,60% dan berkategori “Sangat Baik”, sedangkan aspek pemrograman memperoleh rata-rata skor 4,72 dengan tingkat kelayakan 94,40% dan berkategori “Sangat Baik”. Pengguna memberikan penilaian dengan rincian sebagai berikut. Aspek kualitas materi memperoleh rata-rata skor 4,06 dengan tingkat kelayakan 81,20% dan berkategori “Baik”. Aspek Isi memperoleh rata-rata skor 4,38 dengan tingkat kelayakan 87,60% dan berkategori “Sangat Baik”. Aspek tampilan dan aspek pemrograman memperoleh rata-rata skor 4,12 dengan tingkat kelayakan 82,40% dan berkategori “Baik”, sedangkan aspek manfaat memperoleh rata-rata skor 4,33 dengan tingkat kelayakan 86,60% dan berkategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26882

Actions (login required)

View Item View Item