PENGARUH PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI PUCUNG, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL.

Catur Raharjo (2015) PENGARUH PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI PUCUNG, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_CATUR RAHARJO11604224018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sepakbola terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Pucung, serta untuk memilih bahan pembelajaran yang hasilnya dapat untuk dipertanggung jawabkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan treatment permainan sepakbola. Dalam penelitian permainan sepakbola menggunakan lapangan dengan ukuran panjang 50 meter, lebar 30 meter, dengan jumlah pemain 7 orang setiap tim, dan menggunakan waktu 20x2 menit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa putra kelas V SD Negeri Pucung dengan jumlah 30 siswa dari kelas Va dan Vb. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap sampel. Untuk mengetahui hasil dengan cara membandingkan data pretest dengan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan sepakbola terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Pucung dengan hasil setiap komponennya sebagai berikut: (1) pengukuran kecepatan dengan menggunakan tes lari 40 meter mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,041; (2) pengukuran kekuatan lengan tangan dengan menggunakan tes gantung siku tekuk mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,027; (3) pengukuran kekuatan dan ketahanan otot perut dengan menggunakan tes baring duduk mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,001; (4) pengukuran power dengan nngan menggunakan loncat tegak mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,035; (5) pengukuran daya tahan dengan menggunakan tes lari 600 meter mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,000; (6) hasil dari data pretest dan posttest mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai p sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan sepakbola, kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Pucung.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item