Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Daur Ulang Sampah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 8 Yogyakarta

Kusumaningrum, Sih (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Daur Ulang Sampah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sih-kusumaningrum-13708251021.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL materi daur ulang sampah; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi; (3) menghasilkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas; dan (4) membandingkan pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran model PjBL dengan pembelajaran yang menggunakan perangkat konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru biologi SMAN 8 Yogyakarta. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 5 SMAN 8 Yogyakarta. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 8 Yogyakarta. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan penilaian keterampilan proses sains dan kreativitas siswa. Teknik penilaian keterampilan proses sains berupa tes tertulis dengan memberikan soal pretest dan posttest, sedangkan penilaian kreativitas dibagi menjadi dua aspek yaitu penilaian kemampuan berpikir kreatif dengan tes tertulis menggunakan soal pretest dan posttest dan sikap kreatif dengan teknik kuesioner menggunakan lembar angket. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji MANOVA untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) karakteristik perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL materi daur ulang sampah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa adalah dikembangkan berdasarkan model PjBL, Permendikbud tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum, standar proses, standar penilaian, dan implementasi kurikulum 2013; (2) perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi; (3) perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas khususnya aspek kemampuan berpikir kreatif; dan (4) tidak ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan perangkat dengan model PjBL dengan pembelajaran perangkat konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa SMAN 8 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, model project based learning, keterampilan proses sains, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:31
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26871

Actions (login required)

View Item View Item