PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP PEMILIHAN PROFESI SEBAGAI AKUNTAN PROFESIONAL (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Muhammad Iswahudin, Iswahudin (2015) PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP PEMILIHAN PROFESI SEBAGAI AKUNTAN PROFESIONAL (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui pengaruh penghargaan finansial terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional. Kedua, mengetahui pengaruh pertimbangan pasar kerja terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional. Ketiga, mengetahui pengaruh penghargaan finansial dan pertimbangan pasar kerja terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional. Penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswah Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011 dan 2012 berjumlah 184 orang. Sampel yang digunakan adalah 129 orang dengan teknik Purposive sampling. Uji instrumen dilakukan dengan mengambil 51 responden mahasiswa Program Studi Akuntansi angkatan 2011. Teknik pengambilan data dengan menggunakan Kuesioner/angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pertama uji prasyarat data yaitu uji normalitas, uji liniearitas dan uji multikolinearitas. Kedua, uji hipotesis yaitu regresi sederhana dengan membuat persamaan garis regresi sederhan dan uji t, sedangkan regresi berganda dengan membuat persamaan garis regresi berganda, uji F dan mencari koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penghargaan finansial berpengaruh positif terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional, yang ditunjukkan oleh nilai (r) sebesar 0,230 dan nilai thitung 8,162 > ttabel 1,657. 2) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional, yang ditunjukkan oleh nilai (r) sebesar 0,320 dan nilai thitung 7,739 > ttabel 1,657. 3) Penghargaan finansial dan pertimbangan pasar kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pemilihan profesi sebagai akuntan profesional, yang ditunjukkan oleh nilai (R2) sebesar 0,344 dan nilai Fhitung 34,457 > Ftabel 3,07. Kata kunci: penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, dan pemilihan profesi sebagai akuntan profesional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item