PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Alfianantasari Woro Junanida, Alfianantasari (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. 2) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. 3) Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 117 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan: 1) analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Disiplin Belajar terhadap variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan pengaruh variabel Lingkungan Teman Sebaya terhadap variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa, 2) analisis regresi ganda dua prediktor digunakan untuk menguji pengaruh variabel Disiplin Belajar dan variabel Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman dengan koefisien korelasi r x1y sebesar 0,735; koefisien determinasi r 2 x1y sebesar 0,541; dan t sebesar 11,640 lebih besar dari t sebesar 1,65821. 2) terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman dengan koefisien korelasi r x2y tabel sebesar 0,744; koefisien determinasi r 2 x2y sebesar 0,554; dan t sebesar 11,956 lebih besar dari t sebesar 1,65821. 3) terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman dengan koefisien korelasi R tabel sebesar 0.849; koefisien determinasi R 2 x(1,2)y sebesar 0,721; dan F hitung x(1,2)y hitung hitung 146,974 lebih besar dari F sebesar 3,08. Kata kunci: Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi perusahaan Jasa, Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya. tabel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item