PERBEDAAN STRES BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN KLATEN

Fitria Kurniawati, Fitria (2015) PERBEDAAN STRES BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
FITRIA KURNIAWATI_11104244052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan 2013 di SMA Kabupaten Klaten (2) mengetahui perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA N 1 Bayat yang berjumlah 237 siswa dan siswa kelas X dan XI SMA N 1 Cawas yang berjumlah 678 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 144 siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan 248 siswa dengan pembelajaran kurikulum 2013. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan checklist stres belajar. Uji validitas menggunakan expert jugdement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS for Windows release 16.0 diperoleh koefisien reliabilitas checklist stres belajar sebesar 0,805. Analisis data menggunakan teknik uji-t dengan uji Mann Whitney U dengan bantuan program SPSS for Windows release 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) secara umum siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 mempunyai kecenderungan stres belajar rendah. Siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 memiliki kecenderungan rendah pada semua respon yaitu respon emosi 78,%, respon pikiran 67,3%, respon fisik 79,9% dan respon perilaku 80,6% sedangkan siswa dengan pembelajaran kurikulum 2013 memiliki kecenderungan rendah pada semua respon yaitu respon emosi 75,4%, respon pikiran 60,5%, respon fisik 75%, dan respon perilaku 85,1% (2) hasil analisis data dengan Uji t angka signifikansi 0,528 atau nilai p > 0,05 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan stres belajar siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Kata kunci: stres belajar, siswa dengan pembelajaran kurikulum 2006, siswa dengan pembelajaran kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item