PENGARUH SKEMA KOMPENSASI BONUS, DENDA, CLAWBACK, DAN KOMBINASI TERHADAP KINERJA DENGAN RISK PREFERENCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Eksperimen pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY dan Mahasiswa S2 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM)

Ida Ayu Purnama, Ida (2015) PENGARUH SKEMA KOMPENSASI BONUS, DENDA, CLAWBACK, DAN KOMBINASI TERHADAP KINERJA DENGAN RISK PREFERENCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Eksperimen pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY dan Mahasiswa S2 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh skema kompensasi bonus terhadap kinerja, (2)risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi bonus terhadap kinerja, (3) pengaruh skema kompensasi denda terhadap kinerja, (4) risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi denda terhadap kinerja, (5)pengaruh skema kompensasi bonus dan denda terhadap kinerja, (6)risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi bonus dan denda terhadap kinerja, (7)pengaruh skema kompensasi bonus lebih besar daripada clawback terhadap kinerja, (8)risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi bonus lebih besar daripada clawback terhadap kinerja, (9) pengaruh skema kompensasi bonus lebih kecil daripada clawback terhadap kinerja, (10)risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi bonus lebih kecil daripada clawback terhadap kinerja Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY yang berjumlah 62 orang, mahasiswa Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berjumlah 3 orang, dan mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berjumlah 5 orang sehingga total sampel adalah 70 orang. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 5 x 2 dengan instrumen Contract Frames, Risk Preference, and Performance Program. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan melalui uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas. Hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan two ways ANOVA untuk mengetahui pengaruh utama dari tiap variabel. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh skema kompensasi bonus lebih kecil daripada clawback terhadap kinerja karena nilai signifikansinya adalah 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dengan F hitung yakni 22,686 dan risk preference memoderasi pengaruh skema kompensasi bonus lebih kecil daripada clawback terhadap kinerja karena nilai signifikansinya 0,037 (lebih kecil dari 0,05) dengan F hitung adalah 3,413. Kata kunci: skema kompensasi, bonus, denda, clawback, risk preference, kinerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:27
Last Modified: 13 Oct 2015 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26849

Actions (login required)

View Item View Item