MENINGKATKAN STRATEGI COPING MELALUI METODE EXPRESSIVE WRITING DAN FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Riezki Ruliansyah, Riezki (2015) MENINGKATKAN STRATEGI COPING MELALUI METODE EXPRESSIVE WRITING DAN FOCUS GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. D3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Riezki Ruliansyah_11104244035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi coping melalui metode expressive writing dan focus group discussion pada siswa kelas XI IPA 4 SMA N 7 Yogyakarta. Metode expressive writing dan focus group discussion yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas XI IPA 4 yang selama dilakukan observasi awal terlihat sulit mengungkapkan masalah yang dihadapi melalui lisan atau perkataan langsung. Siswa juga lebih tertarik dengan menuliskan atau menyusun masalah yang dihadapi melalui media menulis dan kemudian didiskusikan. Sehingga metode expressive writing dan focus group discussion dirasa sebagai metode yang positif untuk membantu siswa kelas XI IPA 4 SMA N 7 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan desain penelitian tindakan kelas yang dipakai adalah model Kemmis & Taggart. Subyek penelitian merupakan siswa kelas XI IPA 4 SMA N 7 Yogyakarta berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja atau menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan berupa skala strategi coping, pedoman observasi dan wawancara yang telah melalui uji validasi dari expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala strategi coping diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefesien 0,653menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi melalui program SPSS ver 16. Berdasarkan hasil uji beda (uji t) melalui SPSS ver.16 terlihat bahwa t hitung adalah -14.605 (tanda min menunjukkan peletakkan pre-test dan post test sehingga dapat diabaikan) dengan nilai probabilitas 0,000. Oleh karena probabilitas 0,000 < 0,05 maka hipotesis rata-rata pre-test dan post-test sama atau tidak berbeda secara nyata ditolak. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa hasil pre-test dan post-test adalah tidak sama atau berbeda nyata yang berarti bahwa tindakan yang dilakukan berhasil secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemberian expressive writing terhadap strategi coping siswa yang dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Pemberian tindakan tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor hasil pre-test yaitu 109 menjadi 132 pada rata-rata hasil post-test. Kata kunci: expressive writing, strategi coping, focus group discussion

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item View Item