PENINGKATAN KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI PLAY THERAPY PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BERBAH

Tika Noviasari, Tika (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI PLAY THERAPY PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
TIKA NOVIASARI_11104241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan resolusi konflik siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action reseach) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis & McTaggart. setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu delapan siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Berbah yang memiliki kemampuan resolusi konflik kategori sedang dan rendah berdasarkan hasil pre test. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan teknik play therapy berupa aktivitas games. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemampuan resolusi konflik, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas pada skala kemampuan resolusi konflik menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien 0,840. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik play therapy dapat meningkatkan kemampuan resolusi konflik siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Berbah. Teknik play therapy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperbaiki komunikasi, meredam emosi, menghargai perbedaan, mencari solusi pemechaan konflik, serta memahami setiap konflik yang dihadapi. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan signifikan skor rata-rata pre test 99/51%, post tes I 141/74%, post test II 148/78% pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Berbah. Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil uji Wilcoxon, observasi dan wawancara. Kata kunci : Kemampuan resolusi konflik, play therapy, remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26841

Actions (login required)

View Item View Item