Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dan Bermuatan Nilai-Nilai Alqur’an untuk Meningkatkan Religiusitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs Kelas VII Semester II

Wahid, Sirojudin (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dan Bermuatan Nilai-Nilai Alqur’an untuk Meningkatkan Religiusitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs Kelas VII Semester II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sirojudin-wahid-13709251030.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis saintifik dan bermuatan nilai-nilai Al-Qur’an yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini terdiri atas silabus, RPP, LKS dan tes prestasi belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Desain pengembangan ini memiliki sepuluh komponen, yang terdiri atas: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisis perilaku dan karakteristik siswa, (4) menuliskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) memperbaiki pembelajaran, dan (10) melakukan evaluasi sumatif. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran oleh ahli, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, lembar respon siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket religiusitas, dan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan religiusitas siswa, namun belum efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Skor penilaian silabus, RPP, LKS dan tes prestasi belajar oleh ahli pertama sebesar 107, 124, 76 dan 84 dengan kategori baik untuk masing-masing perangkat pembelajaran. Skor penilaian silabus, RPP, LKS dan tes prestasi belajar oleh ahli kedua sebesar 107, 124, 76 dan 84 dengan kategori baik untuk masing-masing perangkat pembelajaran. Rata-rata penilaian siswa kelas VIIB sebesar 53,78 dengan kategori baik. Kemudian skor penilaian silabus, RPP, LKS dan tes prestasi belajar oleh guru sebesar 31, 38, 45 dan 38 dengan kategori baik untuk masing-masing perangkat pembelajaran. Rata-rata skor religiusitas siswa kelas VIIA dan VIIC sebesar 83,3 dan 80,8 dengan kategori baik. Rata-rata nilai tes restasi belajar siswa kelas VIIA dan VIIC sebesar 46,1 dan 48,9 dengan kategori cukup. Semua siswa kelas VIIA tidak memenuhi nilai KKM yang ditentukan dan di kelas VIIC hanya 7% siswa memenuhi nilai KKM. Kualitas perangkat pembelajaran matematika yang belum baik ditinjau dari keefektifan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mungkin disebabkan keterlaksanaan pembelajaran beberapa pertemuan belum mencapai 100%, ketuntasan pengerjaan LKS masih rendah dan kesiapan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran masih rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika, saintifik, nilai-nilai Alqur’an, religiusitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:30
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26832

Actions (login required)

View Item View Item