Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Problem-Based Learning (PBL) dalam Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Anisah, Anisah (2015) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Problem-Based Learning (PBL) dalam Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anisah-13709251006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan model pembelajaran Guided Inquiry dan Problem-Based Learning (PBL) dalam pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar matematika dan sikap ilmiah siswa SMP Kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest non-ekuivalen group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Godean yang terdiri dari empat kelas, yang dua kelasnya ditentukan secara acak sebagai sampel. Kelas VIII-B diberi perlakuan dengan model pembelajaran Guided Inquiry dalam pendekatan saintifik, sedangkan kelas VIII-A diberi perlakuan dengan model pembelajaran PBL dalam pendekatan saintifik. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes prestasi belajar matematika dan angket sikap ilmiah dalam pembelajaran matematika. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Guided Inquiry dan PBL dalam pendekatan saintifik pada masing-masing variabel, digunakan uji one sampel t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan kedua model tersebut, pembelajaran Guided Inquiry dan PBL dalam pendekatan saintifik di analisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotelling’s pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Guided Inquiry dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan sikap ilmiah dalam pembelajaran matematika; (2) model pembelajaran PBL dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan sikap ilmiah dalam pembelajaran matematika; (3) model pembelajaran Guided Inquiry dalam pendekatan saintifik tidak lebih efektif daripada model pembelajaran PBL dalam pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar matematika dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Guided Inquiry, Problem-Based Learning, pendekatan saintifik, prestasi belajar matematika, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:29
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item