Pelaksanaan Pembelajaran Materi Sastra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Wonosobo

Sodiqin, Ahmat (2015) Pelaksanaan Pembelajaran Materi Sastra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmat-shodiqin-13706259028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sastra dengan berbagai pendekatan. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) persiapan guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran sastra; (2) kegiatan belajar dan mengajar sastra di kelas; dan (3) evaluasi pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di 16 SMP di Kabupaten Wonosobo pada semester kedua tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah 27 guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII dan VIII. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran materi sastra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, dan uraian rinci. Analisis data dilakukan dengan analisis induktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan membuat simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi sastra di Kabupaten Wonosobo berlangsung dalam kondisi yang beragam pada tiap sekolah. Guru melaksanakan pembelajaran dengan tingkat kesiapan yang beragam, penggunaan pendekatan dan metode yang beragam, serta evaluasi pembelajaran sastra dengan pendekatan proses dan hasil. Guru melakukan persipan dengan membuat RPP melalui pendekatan sitematis. Guru melaksanakan pembelajaran dengan berbagai pendekatan dan metode. Guru melakukan evaluasi pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran sastra berlangsung pada level tingkat menengah. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran materi sastra didukung oleh faktor kesiapan guru, kreativitas guru, wawasan guru, input peserta didik, dan sarana. Dalam pelaksanaan pembelajaran materi sastra guru menghadapi kendala yang berbeda-beda pada tiap sekolah. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan materi sastra yaitu kemampuan guru yang beragam, kemampuan peserta didik yang beragam, kurikulum, materi atau bahan ajar yang terbatas, dan sarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persiapan pembelajaran materi sastra, pelaksanaan pembelajaran materi sastra, evaluasi pembelajaran materi sastra, permasalahan yang dihadapi guru, solusi yang diberikan oleh guru
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:29
Last Modified: 14 Nov 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item