KEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN

Muliastika, Nur (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 11201241003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks ulasan antara kelompok yang diberikan pembelajaran menggunakan strategi SQ3R dengan kelas yang diberikan pembelajaran tanpa menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan dan (2) menguji keefektifan penggunaan strategi SQ3R dalam pembelajaran memahami teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan strategi SQ3R dan variabel terikat yaitu keterampilan memahami teks ulasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan yang terbagi dalam 8 kelas, sedangkan sampel yang digunakan ada 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelas kontrol dan l kelas sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh kelas VIII D sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretes dan postes berupa tes objektif kemampuan memahami teks ulasan yang disusun berdasarkan taksonomi Ruddel. Validitas dan reliabilitas instrumen dihitung menggunakan iteman. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Hasil penelitian ini menunjukkan uji normalitas data berdistribusi normal dan uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis uji-t berhubungan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 12 Oct 2015 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26813

Actions (login required)

View Item View Item