PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG TIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PEMANFAATAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SMK RSBI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRO DI DIY

Eko, Nugroho (2015) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG TIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PEMANFAATAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SMK RSBI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRO DI DIY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
eko-nugro.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG TIK DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PEMANFAATAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SMK RSBI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRO DI DIY Oleh : Eko Nugroho NIM. 09501244032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru tentang TIK, (2) motivasi kerja guru, (3) pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, (4) pengaruh persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, (5) pengaruh motivasi kerja guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan (6) pengaruh persepsi guru tentang TIK dan motivasi kerja guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran SMK RSBI di DIY. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto. Subjek penelitian ini yaitu guru dengan jumlah 39 orang dari empat SMK RSBI di Yogyakarta yaitu SMKN 2 Depok, SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 2 Pengasih,dan SMKN 2 Wonosari. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu: persepsi guru tentang TIK (X1) dan motivasi kerja guru (X2) sebagai variabel bebas, dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket terbuka dengan skala linkert. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif sedangkan teknik pengujian data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru tentang TIK tegolong sangat baik, (2) motivasi kerja guru tegolong sangat tinggi, (3) pemanfaatan TIK dalam pembelajaran tegolong tinggi, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, ditunjukkan dengan persamaan, Y = 31,027 + 0,455 X1, didapatkan harga Fhitung = 9,416 > Ftabel = 4,10, dengan kontribusi 20,25%, (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, ditunjukkan dengan persamaan, Y = 20,235 + 0,441 X2, didapatkan harga Fhitung =30,416 > Ftabel = 4,10, dengan kontribusi 44,89%, dan (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi guru tentang TIK dan motivasi kerja guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, ditunjukkan dengan persamaan, Y = 20,235 + 0,042 X1 + 0.424 X2, didapatkan harga Fhitung = 14,754 > Ftabel = 3,255, dengan kontribusi 45,00%. Kata kunci : persepsi guru tentang TIK, motivasi kerja guru, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Oct 2015 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26810

Actions (login required)

View Item View Item