PERILAKU SOSIAL ANAK DI RUMAH SINGGAH HAFARA KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Purwi Tyas Utami, Tyas (2015) PERILAKU SOSIAL ANAK DI RUMAH SINGGAH HAFARA KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Purwi Tyas Utami_11102241021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku sosial anak di Rumah Singgah Hafara dan mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial anak di Rumah Singgah Hafara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak binaan. Informan pendukung terdiri dari pemimpin, pengelola, pendamping, warga dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial anak yang bernama Qs di Rumah Singgah Hafara dilihat dari interaksinya dengan teman terdapat dua macam perilaku yaitu perilaku alami yang berupa menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil, mengalah terhadap anak yang lebih kecil, sedangkan perilaku operannya suka ikut-ikutan main. Dilihat dari interaksinya dengan pendamping terdapat dua macam perilaku yaitu perilaku alami yang meliputi sopan santun, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih kecil, kalau dinasehati nurut, suka mengalah dan tidak pelit, dan perilaku operan yaitu suka terpengaruh dengan teman lain yang main sendiri ketika kegiatannya dianggap membosankan. Dilihat dari interaksinya dengan orang tua terdapat perilaku alami yaitu sikap menghormati yang lebih tua, sopan santun, dan menuruti nasehat orang tua. Dilihat dari interaksinya dengan masyarakat terdapat perilaku alami yang berupa sopan santun, suka menyapa, mudah akrab dan suka mengalah. Dilihat dari interaksinya dengan warga sekolah terdapat perilaku alami yaitu sopan, mudah begaul, dan menghormati semua guru. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku sosial anak antara lain: kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual anak, motivasi dalam belajar, keagamaan, pengaruh lingkungan keluarga terhadap kehidupan anak serta pengaruh lingkungan masyarakat terhadap kehidupan anak. Kata kunci: anak, perilaku sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 12 Oct 2015 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item