PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SURVAI DAN PEMETAAN SISWA KELAS XI TGB SMK N 1 SEDAYU

Eko, Haryono (2015) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SURVAI DAN PEMETAAN SISWA KELAS XI TGB SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img] Text
eko haryono-08505244021.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SURVAI DAN PEMETAAN SISWA KELAS XI TGB SMK N 1 SEDAYU Oleh: Eko Haryono NIM. 08505244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesesuaian fasilitas belajar Praktik Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar Praktik Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Praktik Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu, dan (4) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PraktIk Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yaitu jenis penelitian terhadap data yang dikumpulkan setelah terjadinya suatu fakta atau peristiwa. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu fasilitas belajar dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 32 siswa dan jumlah sampel juga 32 siswa (penelitian populasi). Uji uji validitas dilakukan dengan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesesuaian fasilitas belajar Praktik Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu dalam kategori kurang lengkap, (2) terdapat pengaruh positif antara Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Praktik Survai dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu dengan koefisien korelasi sebesar 0,698; (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Praktik Survai Dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu dengan koefisien korelasi sebesar 0,591; dan (4) terdapat pengaruh positif antara Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Praktik Survai Dan Pemetaan Siswa Kelas XI TGB SMK N 1 Sedayu dengan koefisien korelasi sebesar 0,768 dan nilai R2 sebesar 0,589. Persamaan regresi Y = 44,660 + 4,121 X1 + 2,688 X2. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26800

Actions (login required)

View Item View Item