PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STANDART KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KELAS XI DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Wijayanto, Eka (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STANDART KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KELAS XI DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
EKA WIJAYANTO 09504247015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada standart kompetensi sistem pengapian di SMK Perindustrian Yogyakarta melalui penerapan pendekatan SAVI. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Perindustrian Yogyakarta yang beralamat di Jl.Kalisahak No.26 Komplek Balapan Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 3 siklus, tiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang pada prosesnya menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya dengan menerapkan pendekatan SAVI yang proses pembalajarannya dilaksanakan di ruang praktek sehingga siswa dapat memadukan pikiran dan gerak badan selain itu siswa juga dapat mengamati bendanya secara langsung (S) & (V), dipandu dengan penjalasan dari guru yang dilengkapi dengan diskusi, slide power point (A) dan tanya jawab (I) kemudian di akhir proses pembelajaran di laksanakan postest untuk mengetahui pemahaman dan keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa dengan perhitungan rata-rata pada siklus I sebesar 30,86%, siklus II sebesar 44,74% dan siklus III sebesar 46,91%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I sebesar 74,88 pada siklus II 89,20 dan pada siklus III sebesar 90,68. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktifitas positif dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan pendekatan SAVI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PTK, SAVI, hasil belajar siswa SMK Perindustrian Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Oct 2015 02:54
Last Modified: 05 Mar 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item