Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dibidang Boga Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK N 2 Godean

Eka, Rachmawati (2015) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dibidang Boga Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK N 2 Godean. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eka Rachmawati - 07511241015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

“ Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dibidang Boga Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK N 2 Godean” Oleh : Eka Rachmawati ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran kewirausahaan menurut persepsi peserta didik di SMK N 2 Godean tahun ajaran 2011/2012. 2) Mengetahui faktor yang menghambat penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dibidang boga dalam mata pelajaran kewirausahaan menurut persepsi peserta didik di SMK N 2 Godean tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2010sampai dengan September 2011. Tempat penelitian di SMK N 2 Godean. Desain penelitian menggunakan ex-post facto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan jenis purposive samplingsebanyak 35 peserta didik. Hasil Penelitian ini adalah : 1) Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstualmenurut persepsi peserta didik yang mencakup aspek konstruktivisme (constructivism)65,71% kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Menemukan (inquiry)62,85% kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Bertanya (questioning) 65,71% kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Masyarakat belajar (learning community) sudah dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan presentase sebesar 70,43 %. Permodelan (modelling) 54,29 % kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Refleksi (reflection) sudah dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan presentase sebesar 62,72%. Penilaian yang sebenarnya (authentic assessment) sudah dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan presentase sebesar 62,85%. 2)Efektivitas pembelajaran kontekstualdalam mata pelajaran kewirausahaanmenurut persepsi peserta didik : Efektivitasdalam kegiatan relatingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 77,15 % karena peserta didik sulit untuk menemukan dan mengkaitkan ide yang mereka miliki dengan pembelajaran kewirausahaan. Efektivitasdalam kegiatan experiencingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 80 % karena peserta didik sulit untuk merumuskan, mengumpulkan dan menyajikan pekerjaan mereka dalam bentuk laporan pada pembelajaran kewirausahaan. Efektivitas dalam kegiatan applyingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 48,57 % karena peserta didik kesulitan untuk menerapkan materi yang ada disekolah dengan kehidupan mereka. Efektivitas dalam kegiatan cooperatingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 65,71 %karena dalam pembentukkan kelompok belajar serta bekerja sama dengan teman satu kelompok karena ada peserta didik yang aktif dan pasif. Efektivitas dalam dalam pengembangan kegiatan transferringmengalami hambatan dengan presentase sebesar 65,71 %kesulitan menjelaskan ide pemikiran dan sulit menerapkan pemikiran yang ada kedalam pembelajaran kewirausahaan. Menurut guru yaitu dalam pengembangan kegiatan applying, kegiatan cooperating, danpengembangan kegiatan transferringkurang efektif dilaksanakan dalam pembelajaran kewirausahaan. Kata kunci : penerapan, kontekstual, efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Oct 2015 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item