PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT TEORI KEJURUAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Edy, Suharjanto (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT TEORI KEJURUAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Edy Suharjanto 06503241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT TEORI KEJURUAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh : Edy Suharjanto 06503241028 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : 1) Prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran team teaching, 2) Prestasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran team teaching, 3) Peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran team teaching. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x program keahlian teknik mesin di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan jumlah 156 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas TP 1 (kelas eksperimen) dan TP2 (kelas kontrol) dengan jumlah 78 siswa. Data diperoleh dari nilai awal (pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah diberika perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik statistik komparatif dengan menggunakan uji-t dua sampel independent dan dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum mendapat perlakuan. Nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 47,69 dan kelas kontrol sebesar 46,97. 2) Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan model pembelajaran. Selisih nilai rata-rata posttest-pretest siswa kelas eksperimen adalah 27,38. 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil uji hipotesis (uji-t) menunjukkan t-hitung (2,46) lebih besar dari t-tabel (2,021).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Oct 2015 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item