Edi, Mustofa (2015) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Edi Mustofa 06504244022.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI PRAKTEK SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: Edi Mustofa NIM 06504244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemandirian belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, (2) mengetahui motivasi berprestasi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, dan (3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi praktek Sepeda Motor pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif regresional. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian populasi, sehingga seluruh elemen populasi diikutsertakan dalam proses penelitian. Siswa yang dijadikan sebagai responden penelitian adalah sebanyak 119 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi dengan uji determinasi, uji t, dan uji F. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pretasi praktek Sepeda Motor siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013, (2) motivasi berprestasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pretasi praktek Sepeda Motor siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013, dan (3) kemandirian belajar dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara bersamaan terhadap pretasi praktek Sepeda Motor siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Artinya, semakin tinggi kemandirian belajar dam motivasi berprestasi maka prstasi belajar siswa semakin baik. Apabila terjadi peningkatan kemandirian belajar dan motivasi berprestasi siswa secara bersamaan, maka pretasi praktek Sepeda Motor siswa turut mengalami peningkatan. . Kata Kunci: kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi praktek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 02:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26789 |
Actions (login required)
View Item |