ANALISIS VARIASI KALIMAT DAN PENGGUNAAN TEKNIK PERSUASIF DALAM SPANDUK KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014 DI KOTA YOGYAKARTA

Angga, Nugroho (2015) ANALISIS VARIASI KALIMAT DAN PENGGUNAAN TEKNIK PERSUASIF DALAM SPANDUK KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2014 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Angga Nugroho.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi kalimat dalam spanduk kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2014 di Kota Yogyakarta. Selain itu juga penggunaan teknik persuasif di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berupa seluruh kalimat yang terdapat dalam spanduk kampanye Capres dan Cawapres tahun 2014 di Kota Yogyakarta. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah spaduk kampanye Capres dan Cawapres tahun 2014 yang ada di Kota Yogyakarta. Objek penelitian ini variasi kalimat dan teknik penggunaan persuasif yang terdapat dalam spanduk kampanye Capres dan Cawapres tahun 2014 di Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, baca, dan catat. Teknik pengumpulan data memakai teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan agih. Keabsahan data dalam penelitian ini ditempuh melalui ketekunan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini berupa variasi kalimat yang ditemukan, yaitu kalimat berita, kalimat perintah, dan kalimat seru. Teknik persuasif yang digunakan, yaitu teknik rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, substitusi, dan proyeksi. Adapun perincian hasil variasi kalimat berdasarkan fungsinya sebagai berikut, kalimat seru 28 kalimat, kalimat perintah adalah 20 kalimat, dan kalimat berita sebanyak 11 kalimat sedangkan hasil rincian teknik persuasif yang di penelitian ini, yaitu 4 spanduk menggunakan teknik persuasif rasionalisme, 8 spanduk menggunakan teknik persuasifidentifikasi, 16 spanduk menggunakan teknik persuasif sugesti, 17 spanduk menggunakan teknik persuasif konformitas, 1 spanduk menggunakan teknik persuasif kompensasi, 1 spanduk memakai teknik persuasif subtitusi, dan 4 spanduk menggunakan teknik persuasif proyeksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kalimat, Teknik Persuasif, Spanduk, Kampanye
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:51
Last Modified: 01 Feb 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item