PENGARUH LATIHAN PUKULAN LOB METODE DRILL 30 PUKULAN LANGSUNG DAN 2 KALI 15 PUKULAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN LOB DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP NEGERI 2 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Listyan Sumpani (2015) PENGARUH LATIHAN PUKULAN LOB METODE DRILL 30 PUKULAN LANGSUNG DAN 2 KALI 15 PUKULAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN LOB DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP NEGERI 2 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi listyan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian besar peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 2 Ngaglik masih belum terampil dalam melakukan pukulan lob pada permainan bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan latihan pukulan lob metode drill 30 kali pukulan dan 2 kali 15 pukulan, dan latihan manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pukulan lob siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 2 Ngaglik. Tiga pernyataan penelitian yang diajukan berhubungan dengan ketiga tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah two group pretest posttest design, Sampel dari penelitain ini adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 2 Ngaglik sebanyak 20 peserta. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument yang digunakan adalah poole forehand clear test (Poole & Nelson, 1970). Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pengaruh metode drill terhadap kemampuan pukulan lob pada kelompok 30 kali pukulan diperoleh t sebesar 1,830. Oleh karena t hitung > t tabel hitung sebesar -15,162 dan nilai t maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan. Pada kelompok 2 kali 15 pukulan diperoleh t sebesar -12,215 dan nilai t tabel sebesar 1,830. Oleh karena t hitung > t maka dapat disimpulakan terdapat peningkatan yang signifikan. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh mean kelompok 30 kali pukulan sebesar 32,9 sedangkan kelompok 2 kali 15 pukulan sebasar 33,7 dan diperoleh t sebesar -0,610 dan nilai t tabel sebesar 1,730. Oleh karena t hitung < t tabel hitung maka dapat disimpulakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok 30 kali pukulan dengan 15 kali 2 pukulan terhadap peningkatan kemampuan pukulan lob dalam permainan bulutangkis siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP Negeri 2 Ngaglik. tabel tabel hitung

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, metode drill, menggunakan 30 kali pukulan, 2 kali 15 pukulan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item