HUBUNGAN INTERTEKSTUAL NOVEL WISANGGENI SANG BURONAN KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DENGAN KOMIK LAHIRNYA BAMBANG WISANGGENI KARYA R.A. KOSASIH (Kajian Resepsi Sastra)

Nugraha Hardi, Seputra (2015) HUBUNGAN INTERTEKSTUAL NOVEL WISANGGENI SANG BURONAN KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DENGAN KOMIK LAHIRNYA BAMBANG WISANGGENI KARYA R.A. KOSASIH (Kajian Resepsi Sastra). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUGRAHA HARDI SEPUTRA (10210141022) BSI A.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) hubungan intertekstual novel Wisanggeni Sang Buronan Karya Seno Gumira Ajidarma dengan komik Lahirnya Bambang Wisanggeni karya R.A. Kosasih, dan (2) bentuk-bentuk transformasi komik Lahirnya Bambang Wisanggeni karya R.A. Kosasih dalam novel Wisanggeni Sang Buronan karya Seno Gumira Ajidarma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Wisanggeni Sang Buronan Karya Seno Gumira Ajidarma dan komik Lahirnya Bambang Wisanggeni karya R.A. Kosasih. Penelitian ini difokuskan pada analisis hubungan intertekstualitas, dan bentuk transformasi melalui pendeksripsian unsur karya sastra berupa alur, tokoh, latar dan dikaji dengan resepsi sastra. Data pada objek penelitian berupa data verbal dan nonverbal/gambar. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai pelaku sepenuhnya pada penelitian ini. Validitas data berupa validitas semantis, reabilitas yang digunakan interrater dan intrarater. Data dianalisis dengan komparatif-induktif, kategorisasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Novel Wisanggeni Sang Buronan karya Seno Gumira Ajidarma memiliki relasi interteks (persamaan dan perbedaan) dengan komik Lahirnya Bambang Wisanggeni karya R.A. Kosasih ditinjau dari aspek peristiwa, keduanya sama-sama bermakna aktual menceritakan lahirnya seorang tokoh yaitu Bambang Wisanggeni, melalui aspek alur, tokoh dan latar. Novel Wisanggeni Sang Buronan karya Seno Gumira Ajidarma dan komik Lahirnya Bambang Wisanggeni karya R.A. Kosasih merupakan karya sastra yang masing-masing bergenre novel dan sastra anak. (2) Bentuk transformasi novel Wisanggeni Sang Buronan karya Seno Gumira Ajidarma dideskripsikan melalui pola pengubahan, pembaruan dan pengekalan. Pada pola-pola tersebut ditemukan pencampuradukan alur, tokoh, dan latar yang ada dalam dunia fiksi dengan alur, tokoh, dan latar yang ada dalam dunia wayang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intertekstual, transformasi, resepsi komik, novel.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:47
Last Modified: 01 Feb 2019 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26760

Actions (login required)

View Item View Item