KEEFEKTIFAN STRATEGI WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI SLEMAN

Nur Fitriani, Tety (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tety Nur Fithriani_11201244009.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi Wordless Picture Books dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi konvensional, dan (2) menguji keefektifan strategi Wordless Picture Books dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mlati Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi Wordless Picture Books dan kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mlati Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Hasilnya ditetapkan kelas XB sebagai kelompok eksperimen dan kelas XC sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Hasil penghitungan uji-t data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan t hitung -4,116 dengan df 56 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Wordless Picture Books dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi konvensional. Hasil uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan t hitung sebesar -8,134 dengan df 28, dan nilai p sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi Wordless Picture Books efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mlati Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:04
Last Modified: 30 Jan 2019 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item