Munika, Sinta (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VII SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SINTA MUNIKA-SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, dan (2) keefektifan penggunaan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pretest posttest. Variabel dalam penelitian ini ada dua, variabel bebas yaitu penggunaan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan variabel terikat yaitu kemampuan siswa menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling atau sampel random berkelompok. Hasilnya ditetapkan kelas VII Khadijah sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII Aisyah sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, yaitu tes awal dan tes akhir menulis teks eksplanasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Hasil penghitungan uji-t pada data skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 2,171, df sebesar 37, dan P sebesar 0,036. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,036<0,005) maka signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan teks eksplanasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penghitungan uji-t pada data skor tes awal dan tes akhir kelompok eskperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 7,071, df sebesar 19, dan P sebesar 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,000<0,005) maka signifikan. Kemudian kenaikan skor rata-rata pascates kelompok eksperimen 7,35 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol 2,84. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 12:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26717 |
Actions (login required)
View Item |