PERBEDAAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DAN WUSHU DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN

Sepnu Khoirul Iskandar (2015) PERBEDAAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DAN WUSHU DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 1 Jogonalan terdapat ekstrakurikuler olahraga sepakbola dan wushu yang diharapkan dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa tetapi pelatih ekstrakurikuler sepakbola dan wushu belum memiliki program latihan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola dan siswa peserta ekstrakurikuler wushu di SMP Negeri 1 Jogonalan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan wushu di SMP Negeri 1 Jogonalan, pada tahun ajaran 2014/2015 yang berusia 13-15 tahun. Sehingga penelitian ini disebut total sampling, sampel sebanyak 55 sisiwa yang terdiri dari 25 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dan 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler wushu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 13-15 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t dua sampel tidak berhubungan melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kebugaran jasmani antara siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola dengan siswa peserta ekstrakurikuler wushu di SMP Negeri 1 Jogonalan. Berdasarkan nilai t hitung sebesar sebesar 0,190 lebih kecil dari pada t tabel 1,674 dan nilai signifikansi sebesar 0,850 lebih besar dari 0,05 (sig > 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Ekstrakurikuler Sepakbola, Ekstrakurikuler wushu
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Oct 2015 00:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item