PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP MAX, INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH MEMBER FITNESS ROS-IN HOTEL YOGYAKARTA

Adi Suryoko, (2015) PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP MAX, INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH MEMBER FITNESS ROS-IN HOTEL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADI SURYOKO_11603141002.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Status kebugaran jasmani yang baik dan tubuh ideal tentu merupakan harapan semua orang. Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak member fitness di ROS-IN Hotel Fitness Center memiliki berat badan berlebih dan daya tahan paru jantung yang kurang bagus, sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan circuit training terhadap Max, Indeks Massa Tubuh (IMT) dan persentase lemak tubuh member fitness ROS-IN Hotel Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan one group pretest and posttest group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah member yang mengikuti program penurunan berat badan, usia antara 19-25 tahun, serta sudah aktif latihan selama minimal 3 bulan dan maksimal 2 tahun di ROS-IN Hotel Fitness Center. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak sebanyak 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran. Analisis data penelitian menggunakan uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbeadan variabel antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan uji t pada data Max diperoleh nilai t hitung 2,449 > t tabel 2,26, dan nilai signifikansi 0,037 < 0.05, dengan peningkatan persentase sebesar 1,16%. Hasil uji t pada data indeks massa tubuh diperoleh nilai t hitung 5,797 > t tabel 2,26, dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05, dengan penurunan persentase sebesar 4,57%. Hasil uji t pada data presentase lemak tubuh diperoleh nilai t hitung 5,356 > t tabel 2,26, dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05, dengan penurunan persentase sebesar 6,22%. Penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa latihan circuit training dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Max, Indeks Massa Tubuh (IMT) dan presentase lemak tubuh member fitness ROS-IN Hotel Yogyakarta. Circuit training dapat dijadikan pedoman untuk latihan peningkatan Max, penurunan berat badan dan lemak yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: circuit training, Max, indeks massa tubuh, persentase lemak tubuh, member fitness
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Oct 2015 00:48
Last Modified: 08 Oct 2015 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26708

Actions (login required)

View Item View Item