MODAL SOSIAL DALAM INDUSTRI KREATIF (Studi di PT. Aseli Dagadu Djogdja)

Kurniawan, Muhammad Dian (2011) MODAL SOSIAL DALAM INDUSTRI KREATIF (Studi di PT. Aseli Dagadu Djogdja). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
MODAL SOSIAL DALAM INDUSTRI KREATIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri kreatif adalah sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. PT. Aseli Dagadu Djokdja adalah sebuah industri kreatif yang masih tetap produktif sampai sekarang. Produktivitas industri kreatif PT. Aseli Dagadu Djokdja memanfaatkan modal sosial yang berupa jaringan, kepercayaan dan norma. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran modal sosial yang ada di PT. Aseli Dagadu Djokdja yang membuat industri kreatif ini selalu menciptakan inovasi dan kreasi bam sehingga tetap produktif sampai sekarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yaitu wawancara dengan 6 informan yaitu Manajer HRM-GA, Manajer PPIC (Production Planning and Inventory Control), Manajer Pemasaran dan Manajer Kreatif. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, internet dan laporan hasil penelitian yang terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa modal sosial yang merupakan jaringan, kepercayaan dan norma di PT. Aseli Dagadu Djokdja memiliki peran penting dalam berbagai aspek diantaranya bidang ketenagakerjaan, bidang produksi dan bidang pemasaran sehingga industri kreatif ini tetap berinovasi dan berproduksi. Kepercayaan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, meningkatkan kreativitas karyawan, dan mempercepat proses produksi. Jaringan yang luas berperan sebagai sumber informasi bagi perusahaan, membantu dalam pencarian tenaga kerja, supplier, mitra pemasaran, dan membantu melebarkan sayap industri kreatif perusahaan. Norma berperan membatasi perilaku karyawan, menciptakan suasana kerja yang nyaman, mempererat hubungan kekeluargaan antar karyawan, mengurangi resiko kerugian akibat cacat produksi, dan kaitannya dengan produksi, norma membatasi desain sehingga tidak menimbulkan pro dan kontra masyarakat terhadap produk-produk PT. Aseli Dagadu Djokdja. Kata kunci : Industri kreatif, modal sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Oct 2015 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26701

Actions (login required)

View Item View Item