IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM BERBAGAI KEGIATAN MAIN DI KELOMPOK B TK SE-GUGUS PARKIT BANYUURIP PURWOREJO

Andri Setia, Ningsih (2015) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM BERBAGAI KEGIATAN MAIN DI KELOMPOK B TK SE-GUGUS PARKIT BANYUURIP PURWOREJO. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Andri Setia Ningsih_10111244024 coba-coba.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam berbagai kegiatan main di Kelompok B TK se-Gugus Parkit, Banyuurip Purworejo. Latar belakang mengambil penelitian ini karena adanya perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam berbagai kegiatan main yang dilakukan belum sesuai dengan tujuan pencapaian perkembangan keterampilan motorik halus. Penelitian ini merupakan penelitian campuran antara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 97 anak Kelompok B TK se-Gugus Parkit, sedangkan objek penelitiannya adalah perkembangan keterampilan motorik halus yang meliputi kemampuan pergerakan jari-jemari tangan, kemampuan pergerakan pergelangan tangan, dan kemampuan koordinasi mata dengan tangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan panduan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan menggabungkan antara gambaran keadaan ketika observasi dan menghitung data yang berupa angka kemudian keduanya dideskripsikan. Perkembangan keterampilan motorik halus yang meliputi keterampilan pergerakan jari-jemari tangan, keterampilan pergerakan pergelangan tangan, dan keterampilan koordinasi mata dengan tangan. Secara keseluruhan pada 8 kegiatan main yaitu menggunting, menempel, mewarnai, menganyam, meronce, membentuk, mengarsir, dan menyalin kata atau angka. Hasil penelitian dapat dilihat dari 97 anak di antaranya: 1) kategori MB (Mulai Berkembang) sebesar 4.1%; 2) kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 16.5%; dan 3) kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) sebesar 79.4%. Kata kunci: perkembangan motorik halus, kegiatan main, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 08 Oct 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26697

Actions (login required)

View Item View Item