Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di SMP Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang.

Dwi, Widarno (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di SMP Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dwi Widarno 10501247009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di SMP Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Teknik Elektro S-1 UNY 2014. Penulis : Dwi Widarno NIM : 10501247009 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar, keaktifan belajar, dan hasil belajar siswa pada materi pokok mengenal komponen elektronika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan motivasi belajar, lembar pengamatan aktifitas belajar, angket motivasi, angket keaktifan belajar dan tes akhir tiap akhir siklus dalam pembelajaran. Hasil penelitian antara lain pada siklus I tentang rata-rata observasi motivasi belajar siswa sebesar 43,40%, pada siklus II naik menjadi 73,18%, berdasarkan angket motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 54,07% naik menjadi 74,73%, rata-rata observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,94% naik menjadi 70,43%, melalui angket respon siswa sebesar 44,59% naik menjadi 74,84%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 70,21 naik menjadi 79,17 pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 54,17% naik menjadi 91,67% pada siklus II. Berdasarkan dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada materi mengenal komponen elektronika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngablak, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013. KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Oct 2015 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26687

Actions (login required)

View Item View Item