KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI CERITA ULANG DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN

Ikawati, Ninditya (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI CERITA ULANG DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ninditya Ikawati _ 11201241051.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman cerpen antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi cerita ulang dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi cerita ulang, (2) menguji keefektifan strategi cerita ulang dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas X SMA N 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Srandakan. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X2 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan prates dan pascates yang dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman cerpen antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi cerita ulang dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi cerita ulang pada siswa kelas X SMA N 1 Srandakan, Bantul. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t pasca eksperimen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung 2,064 dengan df=42 dan p sebesar 0,045. Kedua, strategi cerita ulang terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas X SMA N 1 Srandakan, Bantul. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t praeksperimen dan pascaeksperimen kelompok eksperimen diperoleh thitung 7,080 dengan df=31 dan p sebesar 0,000. Gain Score kelompok eksperimen sebesar 8,95 dan kelompok kontrol 2,95.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item