PENERAPAN KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X-A SMA PIRI 1 YOGYAKARTA

Windani (2011) PENERAPAN KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X-A SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X-A SMA PIRI 1 YOGYAKARTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sosiologi yang berlangsung selama ini cenderung kurang menarik dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan penerapan kartun sebagai media pembelajaran sosiologi, 2) meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran sosiologi dengan menerapan kartun sebagai media pembelajaran sosiologi siswa kelas X-A di SMA PIRI 1 Y ogyakarta, 3) meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran sosiologi dengan menerapan kartun sebagai media pembelajaran sosiologi siswa kelas X-A di SMA PIRI 1 Y ogyakarta, 4) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan kartun sebagai media pembelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Sasaran dari penelitian ini adalah kelas X-A, yang dianggap memiliki motivasi kurang dibanding kelas lain dan hasil belajar yang dimiliki belum merata. Data diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh guru kolaborator, wawancara terhadap kepala sekolah, guru, siswa, angket motivasi, dan hasil catatan lapangan peneliti. Pada penelitian ini terdapat dua analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif Data kuantitatif digunakan untuk menghitung motivasi dari hasil angket motivasi, skor berdasarkan observasi oleh kolaborator, dan kreativitas siswa berdasarkan skor berdasarkan observasi oleh kolaborator. Sedangkan data kualitatif menggunakan teknik analisis Miles dan Hubberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing 2 kali pertemuan. Siklus I siswa memahami materi dengan kartun tanpa LCD. Siklus II siswa memahami materi dan diskusi dengan kartun menggunakan LCD. Siklus III siswa memahami materi dengan kartun menggunakan LCD, diskusi, dan presentasi karya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kartun sebagai media pembelajaran sosiologi mampu meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa. Motivasi siswa masing-masing siklus mengalami peningkatan persentase, yaitu 67,34% pada siklus I, menjadi 74,29% pada siklus II, dan, 79,34% pada siklus III. Sedangkan untuk kreativitas terjadi peningkatan persentase dari siklus I yaitu 38,89%, menjadi 69,44% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 77,78% pada siklus III. Kendala-kendala yang dihadapi selama dilaksanakannya penelitian ini adalah komunikasi guru dan siswa, pembagian kelompok, pembimbingan siswa, pembuatan media kartun, dan kemampuan siswa menggambar kartun. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, Peningkatan Kreativitas, Penerapan Kartun sebagai Media Pembelajaran Sosiologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26656

Actions (login required)

View Item View Item