PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 1 PENGASIH

Dwi, Rani Pratiwi (2015) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dwi Rani Pratiwi - 08520244054.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 1 PENGASIH Oleh: Dwi Rani Pratiwi NIM. 08520244054 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Pengasih; 2) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Pengasih setelah adanya permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media pemanfaatan internet dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pemanfaatan internet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest didapat bahwa tidak ada pengaruh/perbedaan hasil sebelum perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pemanfaatan internet hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan pemanfaatan internet yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,720 > 2,021 jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 73,66 < 84,5 jadi terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pemanfaatan internet, teknologi informasi dan komunikasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Oct 2015 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item View Item