UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LEMPAR BOLA PADA SISWA KELAS V TAHUN PELAJARAN 2014/2015 SD NEGERI 1 MAKAM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH

SLAMET TRIYANTO (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LEMPAR BOLA PADA SISWA KELAS V TAHUN PELAJARAN 2014/2015 SD NEGERI 1 MAKAM KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Slamet Triyanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajarn gerak dasar lempar siswa kelas V SD Negeri 1 Makam Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Tahun pelajaran 2014/2015 relatif rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar melalui modifikasi permainan lempar bola di SD tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V sejumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan satu pertemuan dengan waktu 70 menit. Peningkatan pembelajaran gerak dasar lempar difokuskan pada suasana pembeljaran yang aktif, semangat dan tekun serta kemampuan gerak dasar lempar.Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakn instrumen berupa lembar observasi pengamatan, angket tanggapan siswadan evaluasi unjuk kerja kemampuan gerak dasar lempar. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan pendekatan modifikasi perminan lempar bola yang dilakukan dalam 2 siklus dengan keseluruhan 2 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan pembelajara gerak dasar lempar siswa kelas V SD Negeri 1 Makam Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Peningkatan tersebut meliputi: suasana pembelajaran dan kemampuan gerak dasar lempar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat pembelajaran terlihat meningkatnya keaktifan belajar siswa, semangat beraktfitas dari siswa, dan ketekunan dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, gerak dasar lempar, modifikasi permainan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:55
Last Modified: 30 Jan 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26634

Actions (login required)

View Item View Item