PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Dwi, Nur Hidayanti (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dwi Nur Hidayanti - 04513241034.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA (EMBROIDERY) DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Dwi Nur Hidayanti 04513241034 Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengungkap dan menganalisis persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) di SMK Karya Rini Yogyakarta yang ditinjau dari beberapa tahapan pembelajaran, yaitu, (a) mengungkap dan menganalisis persepsi siswa tentang pelaksanaan membuka pelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) di SMK Karya Rini Yogyakarta, (b) mengungkap dan menganalisis persepsi siswa tentang pelaksanaan inti proses pembelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) di SMK Karya Rini Yogyakarta, (c) mengungkap dan menganalisis persepsi siswa terntang pelaksanaan menutup pelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) di SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2010 di SMK Karya Rini Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, pengambilan sampel menggunakan tenik sampling penuh/ sensus, dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket yang pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dibantu dengan komputer program SPSS for windows 13. Hasil penelitian ini menujukkan: (1) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) di SMK Karya berada pada kategori baik dengan persentase 53,3% dan rerata 128, hal ini menujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) ditinjau dari masing-masing tahapan yaitu: (a) persepsi siswa tentang pelaksanaan membuka pelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) berada pada kategori sangat baik dengan persentase 73,3% dan rerata 27,33, hal ini menujukkan bahwa pelaksanaan membuka pelajaran sudah berjalan dengan sangat baik, (b) persepsi siswa tentang pelaksanaan inti proses pembelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) berada pada kategori baik dengan persentase 50% dan rerata 87,30, hal ini menujukkan bahwa pelaksanaan inti proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, (c) persepsi siswa tentang pelaksanaan menutup pelajaran mata diklat membuat hiasan pada busana (embroidery) berada pada kategori baik dengan persentase 46,7% dan rerata 22,53,hal ini menujukkan bahwa pelaksanaan menutup pelajaran sudah berjalan dengan baik. vii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Oct 2015 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item