PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMELAR LOR KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS

Aditia Hardian, (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMELAR LOR KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah Hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas IV SD Negeri Gumelar Lor ternyata masih banyak yang belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Gumelar Lor Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, pada tiap-tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan untuk melanjutkan atau menghentikan penelitian. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumelar Lor Kecamatan Tambak, Banyumas, sebanyak 23 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas IV SD Negeri Gumelar Lor. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan dari hasil observasi dan evaluasi sebagai berikut: Pada kondisi awal hasil evaluasi siswa rata-rata 54,71 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 siswa (17,4%). Pada siklus 1 hasil evaluasi rata-rata mencapai 70,65 jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa (65,2%). Pada siklus 2 hasil evaluasi rata-rata mencapai 77,2 jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa (86,69%). Hasil observasi pada siklus 1 terhadap guru mencapai 66,67% dan siswa mencapai 66,67%. Hasil observasi pada siklus 2 pada guru mencapai 88,89 pada siswa mencapai 86,67%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, passing bawah, pendekatan bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:12
Last Modified: 05 Oct 2015 11:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item View Item