PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI II BERO KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI

Raditya Galih Jatikusumo (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI II BERO KECAMATAN MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Raditya Galih Jatikusumo_11601247141.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan passing bawah dalam permainan sepakbola siswa kelas V di SD Negeri II Bero masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah dalam permainan sepakbola melalui strategi pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri II Bero Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Sepakbola dalam penelitian ini dibatasi pada teknik passing bawah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri II Bero dengan jumlah siswa 15 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan instrumen penilaian ketepatan passing bawah, lembar pengamatan (data observasi), hasil tes siswa dan angket (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata ketepatan passing bawah sebesar 57.33, siswa yang mendapat nilai di atas 70 (KKM) sebanyak 3 siswa atau hanya 20%. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketepatan passing bawah sebesar 76.44, siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 12 siswa atau sebesar 80%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target, yaitu 75%. Hasil penelitian terdapat peningkatan dari beberapa indikator ketercapaian dalam setiap aspek, yaitu adanya peningkatan keaktifan siswa, kesungguhan dan keberanian siswa selama pembelajaran. Peningkatan kreatifitas pembelajaran siswa selama pembelajaran dengan adanya komunikasi dan interaksi guru dengan siswa selama pembelajaran untuk mengemukakan pendapatnya, refleksi terhadap pembelajaran yang bermakna dengan siswa nampak senang, bersemangat, dan antusias mengikuti pembelajaran. Suasana pembelajaran yang menyenangkan juga dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ketepatan passing bawah, sepakbola, pembelajaran kooperatif.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:12
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26621

Actions (login required)

View Item View Item