HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT LENGAN, DAYA TAHANKARDIORESPIRASI DAN KELINCAHAN TERHADAP KETRAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA PEMAIN REMAJA PB PANCING SLEMAN

Muhammad Buyung Manggala (2014) HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT LENGAN, DAYA TAHANKARDIORESPIRASI DAN KELINCAHAN TERHADAP KETRAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA PEMAIN REMAJA PB PANCING SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Buyung Manggala_10601244103.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PB Pancing Sleman untuk keterampilan bulutangkis masih kurang, sehingga untuk power otot lengan, daya tahan kardiorespirasi, dan kelincahan harus kita lihat apakah ada hubungan dengan keterampilan bulutangkis. untuk atlet mampu bermain dengan keterampilan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara power otot lengan, daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan terhadap ketrampilan bermain bulutangkis pada pemain remaja PB pancing sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, penelitian yang bertujuan mencari ada tidaknya hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah pemain remaja PB pancing sleman yang mengikuti latihan rutin usia remaja berjumlah 20 pemain, seluruhnya sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan survey, dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian power otot lengan menggunakan neraca pegas, daya tahan kardiorespirasi menggunakan tes multitahap, kelincahan menggunakan shuttlerun dan untuk tes ketrampilan bulutangkis menggunakan wall valy test. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan signifikan antara power otot lengan r=0,515 terhadap keterampilan bulutangkis. Ada hubungan signifikan antara daya tahan kardiorespirasi r=0,546 terhadap keterampilan bermain. Ada hubungan signifikan antara kelincahanr=0,549 terhadap keterampilan bermain. Secara bersama ada hubungan signifikan antara power otot lengan, daya tahan kardiorespirasi dan kelincahan r=0,554 terhadap keterampilan bermain bulutangkis pada pemain remaja PB Pancing Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: power otot lengan, daya tahan kerdiorespirasi, kelincahan dan keterampilan bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:12
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item View Item